Sunday, January 10, 2016

Pengaruh Buruk Teknologi Terhadap Kemampuan Berhitung Manusia

Pengaruh Buruk Teknologi Terhadap Kemampuan Berhitung Manusia
Meme Math
Teknologi sampai saat ini sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan manusia. Teknologi yang diciptakan sampai dengan saat ini sudaj dapat dikatakan dapat memenuhi semua keperluan manusia dalam hal membantu menyelesaikan pekerjaan oleh pengguna teknologi tersebut.

Banyaknya manfaat dari teknologi yang diciptakan yang sudah dirasakan oleh manusia bukan berarti teknologi tidak memiliki dampak buruk terhadap manusia, sebut saja hal dibawah ini yang merupakan pengaruh buruk teknologi terhadap kemampuan berhitung manusia.

Masih ingatkah kalian pada saat dulu (tahun 2000 kebawah) bahwa pada sekolah-sekolah masa itu setiap siswa diwajibkan untuk melakukan perhitungan secara manual? Pada masa tersebut setiap siswa disekolah sangat mengandalkan kemampuan berkhayal untuk menemukan pemecahan masalah perhitungan dalam menyelesaikan sebuah soal, tidak hanya itu pada masa itu terkadang kita menggunakan lidi sebagai sarana mengingat berapa angka puluhan yang sudah dihitung.

Namun saat ini hampir semua siswa mulai dari SD sekalipun sudah menggunakan perangkat bantu berteknologi seperti Kalculator ataupun perangkat ponsel yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Kalkulator. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kemampuan berhitung seseorang, hal ini akan bertambah buruk ketika pada saat disuruh melakukan perhitungan tanpa menggunakan alat bantu, hal ini tentunya akan mendatangkan pengaruh yang tidak baik terhadap kemampuan berhitung manusia.


No comments:

Post a Comment