Monday, January 11, 2016

Kebiasaan Salah Penyebab Gigi Rusak

Kebiasaan Salah Penyebab Gigi Rusak
Gigi
Menjaga kesehatan gigi merupakan hal wajib karena kebersihan dan kesehatan gigi sama saja kita menjaga penampilan diri kita. Dari banyaknya cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, ada beberapa kebiasaan yang salah yang selalu kita lakukan dalam menjaga gigi kita, diantaranya :

1. Prnggunakan Sikat Berbulu keras
Penggunaan sikat gigi berbulu yang keras dan tekanan yang terlalu kuat pada saat menggosok gigi, dapat menghilangkan enamel pelindung gigi secara perlahan. Hal ini yang memicu munculnya gigi sensitif dan juga lubang pada gigi, serta menyebabkan gusi mundur atau menipis. Akan lebih baik jika anda menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat halus, lalu gosok gigi dengan gerakan keatas dan kebawah selama kurang lebih 2 menit, dua kali sehari. Sikat gigi dengan ujung kepala yang ramping akan lebih mudah bergerak dengan mudah di dalam celah mulut yang kecil, sedangkan gagang sikat gigi yang panjang akan mampu menjangkau gigi geraham bagian belakang dibandingkan gagang sikat gigi yang pendek.
 2. Flouride 
Jangan begitu saja percaya dengan merk pasta gigi yang diklaim mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Beberapa jenispasta gigi, khususnya yang buat sebagai “tartar control” dapat menyebabkan abrasi. Pasta gigi yang mengandung butiran-butiran yang terasa kasar juga dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan bagian gusi menipis. Pasta gigi dengan fluoride mungkin sudah cukup untuk Anda.
3. Makanan yang menyebabkan noda
Enamel gigi halus seperti spons. Jenis makanan atau minuman yang dapat meninggalkan noda pada piring atau cangkir, seperti kopi, dan minuman bersoda, saus atau kecap, juga dapat membuat gigi perlahan menjadi kuning. Mintalah dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi dengan laser whitening, bleaching, atau Prophy Power, yaitu sebuah prosedur baru dengan cara sodium bicarbonate (bahan pemutih yang lembut) dicampur dengan semprotan air untuk mengangkat noda pada gigi tanpa menghilangkan enamel. Pasta gigi yang mengandung pemutih memang dapat sedikit membantu memutihkan gigi, akan tetapi cenderung terlalu beresiko untuk enamel.
 Dari ketiga cara diatas, semoga dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi.
 

No comments:

Post a Comment