Thursday, April 24, 2014

Fakta Tentang Tos

TOS

Semua orang pasti pernah melakukan ritual tos yang sudah mendarah daging ini. Dari mulai SD sampai orang dewasa melakukan hal ini saat menemukan hal-hal yang dianggap sama, atau menyenangkan dan "pas" dengan apa yang kamu pikirkan. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa fakta unik yang mungkin belum kamu tahu tentang kebiasaan yang satu ini?

Tos Bikin Kamu PD

Percaya atau tidak, ternyata ritual yang satu ini bisa bikin kamu tambah PD. Misalnya saja, saat kamu bermain bola dan berhasil menjebol gawang musuh, maka hal pertama yang akan kamu lakukan bersama teman satu tim adalah tos.

Puncak kesenangan ini dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sehingga kamu dan kawanmu akan merasa percaya diri dan lebih semangat.

Tos Bikin Kamu Senyum

Pernahkah kamu merasa senang setelah melakukan tos bareng teman, sahabat, atau keluarga? Inilah salah satu alasan kenapa banyak sekali orang yang melakukan hal ini.

Bahkan jika kamu melakukannya dengan orang yang tidak dikenal sekali pun, orang tersebut justru akan dengan senang hati menyambut ajakan tos-mu itu.

Tos dan Hubungan Emosional

Menurut seorang ahli psikologi Universitas California yang bernama Dacher Keltner “Sentuhan fisik seperti tos adalah salah satu bahasa tubuh pertama yang dipelajari oleh manusia”. Tos juga dianggap sebagai salah satu ekspresi emosional tertinggi dari manusia.

Penelitian lebih lanjut juga menemukan apabila seorang murid yang menerima tos sebagai bentuk dukungan dari gurunya, murid tersebut akan jauh lebih aktif dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas. Gak percaya? Coba deh tos dengan guru, dosen, atau bahkan atasanmu!

Tos Bisa Kurangi Stres

Melakukan tos juga ternyata bisa bikin penampilanmu semakin mengagumkan. Hal ini diduga karena tos dapat mengurangi tingkat stres yang dialami saat terjadi sentuhan yang memicu terlepasnya zat tubuh yang bernama oxytocin. 

Zat ini adalah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan rasa percaya serta mengurangi hormon cortisol penyebab stres. Dengan begitu, tos juga merupakan salah satu problem solving yang lebih baik saat kondisi psikismu sedang kurang baik.

No comments:

Post a Comment